Selasa, 13 Maret 2018

5 Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak, Nikmat dan Lezat, Pokoknya Wajib Banget di Coba

  1. Telur Asin
Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak
Untuk daftar makanan khas jawa tengah yang pertama akan kita bahas adalah sebuah makanan khas yang tidak hanya terkenal di jawa tengah saja, kini makanan khas jawa tengah yang populer dengan nama Telur Asin ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Kota yang di dalamnya terdapat Telur Asin yang enak dan lezat adalah Brebes dan tentu saja cita rasa yang di hasilkan dari Telur Asin ala Brebes sangat berbeda dengan Telur Asin yang di buat di tempat yang lain.
Telur Asin pada umumnya adalah telur bebek yang di asinkan, tidak heran jika Brebes merupakan penghasil Telur Asin di Jawa Tengah pasalnya Brebes merupakan sebuah tempat penghasil telur paling besar di kawasan Jawa Tengah. Manfaat dari memakan Telur Asin ini adalah anda akan mendapatkan vitamin dan protein dari Telur Asin tersebut. Dan biasanya Telur Asin khas brebes ini di jadikan sebagai oleh-oleh saat anda berkunjung ke Jawa Tengah.
  1. Brekecek
Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak
Ada juga sebuah makanan khas jawa tengah yang dari namanya saja cukup aneh, akan tetapi jangan meremehkan makanan khas jawa tengah yang satu ini pasalnya makanan yang terkenal dengan nama Brekecek ini bisa membuat lidah anda bergoyang keenakan. Berasal dari Cilacap makanan yang bernama Brekecek ini menjelma menjadi makanan yang lezat dan enak, sangat di rekomendasikan bagi anda yang kebetulan sedang berada di Cilacap.
Makanan khas jawa tengah yang terkenal dengan nama Brekecek ini merupakan sebuah masakan khas jawa tengah yang berbahan dasar dari ikan jahan atau ikan pathak. Rasa dari makanan yang bernama cukup aneh ini sangat lezat, bahkan banyak orang yang menilai jika makanan Brekecek ini rasanya sangat mirip dengan rica-rica. Jadi makanan khas jawa tengah ini sangat halomuda.com rekomendasikan untuk anda para pencinta kuliner.
  1. Tempe Mendoan
Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak
Makanan khas jawa tengah yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang sangat terkenal baik di sekitaran jawa tengah itu sendiri atau di seluruh Indonesia. Pasalnya makanan yang sangat terkenal dengan nama Tempe Mendoan ini saat ini sudah di kenal banyak orang. Sebenarnya Tempe Mendoan ini merupakan makanan khas yang berasal dari Banyumas. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kira-kira bahan utama dari makanan khas jawa tengah ini apa.
Tempe Mendoan merupakan sebuah makanan yang di buat dari tempe dengan ukuran tempe yang lebar. Langkah berikutnya adalah dengan melumuri tempe tersebut dengan tepung yang tentu saja sudah bercampur dengan bumbu khas dari Tempe Mendoan ini. Setelah itu tempat tersebut di goreng hingga mendo atau garing. Memang merupakan makanan khas jawa tengah yang cukup sederhana, akan tetapi jika di campur dengan cabai atau sambal rasanya sangat lezat.
  1. ENTING-ENTING GEPUK
Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak
Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang wajib kamu coba kali ini adalah enting-enting gepuk. Makanan yang pernah diiklankan di tv yang namanya ting-ting merupakan sejenis dari makanan khas ini yang berbentuk modern dari enting-enting gepuk.
Makanan khas Jawa Tengah enting-enting ini merupakan makanan khasnya daerah Salatiga, Jawa Tengah. Makanan ini terbat dari bahan dasar kacang tanah yang digepuk atau ditumbuk kemudian dipadatkan. Tapi sebelumnya sudah dicampur bersama gula jawa terlebih dahulu agar semua bahan menyatu dan menjadi enting-enting yang manis dan juga sangat gurih.
  1. MANGUT BEONG
Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak
Selanjutnya makanan khas Jawa Tengah yang satu ini bernama Mangut Beong. Makanan ini hanya ada di di Kota Magelang, jadi untuk mendapatkan makanan yang enak ini, sebaiknya kamu menyempatkan diri membeli oleh-oleh ini jika sedang berkunjung ke kota ini. Kota ini letaknya tidak jauh dari Jogja lho, tempat di mana Candi Borobudur berada.
Makanan khas Jawa Tengah ini terbuat dari ikan beong. Ikan beong adalah ikan yang sekilas mirip ikan lele, tapi sebenarnya bukan lele. Ikan beong merupakan ikan khas yang ada di Sungai Progo, yang memiliki rasa yang lezat dengan dagingnya yang tidak begitu lembut dan tidak mudah hancur. Jika kamu penasaran, sebainya kamu langsung mencoba makanan yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Willy Martin nugroho